Minggu, 17 Juni 2018

5 Tradisi Yang Bikin Kangen Suasana Lebaran

Suasana lebaran memang identik dengan kumpul keluarga, makan opor ayam, baju baru dan juga hal-hal memorable lainnya. Tapi ternyata ada lagi nih yang buat kangen banget dengan suasana lebaran. Ada apa aja ya? langsung aja yuk kita intip!
Photo by Mathilde Cureau on Unsplash
THR
Siapa yang gak senang kalo udah dengar kata “Tunjangan Hari Raya” atau yang sering kita sebut dengan “THR”. Istilah ini diperuntukkan bagi yang sudah memiliki pekerjaan dan akan mendaptkan THR dari perusahaan atau tempatnya bekerja menjelang hari raya. Salah satu yang juga di tunggu-tunggu ketika hari raya tiba, karena THR hanya akan datang sekali dalam setahun. Dan yang perlu diingat, gunakan seefesien mungkin, karna biasanya lebaran ataupun hari raya keagamaan lainnya akan selalu disertai dengan diskon-diskon yang membuat terbuai dan kalap. Jadi wajib banget hati-hati! Hehe...
Photo by Sharon McCutcheon on Unsplash
Mudik
Menjadi hal yang wajib dan selalu dirindukan terkhusus kamu yang punya kampung halaman. Kegiatan pulang kampung ini bertujuan untuk berkumpul bersama sanak keluarga terdekat. Biasanya dilakukan beberapa hari sebelum hari raya idul fitri atau lebaran tiba. Idul fitri dan mudik menjadi momen yang tepat untuk mempererat silaturahmi dan melepas kerinduan bersama orang-orang terkasih. Mudik juga identitik banget dengan macet-macetan dan juga rawan tindak kejahatan. Jadi harus tetap hati-hati ya!
Photo by Alexander Popov on Unsplash
Takbiran dan Sholat Ied
Gemuruh dan kemeriahan takbiran sangat terasa ketika kegiatan “takbir keliling” diadakan. Biasanya kegiatan ini dilakukan oleh anak-anak dan remaja sambil membawa bedug dan juga obor. Mengelilingi komplek, rumah-rumah, ataupun jalan raya dengan suara lantang  mengucapkan kalimat takbir secara bersama-sama. Keesokkan paginya semua umat muslim pergi menunaikan ibadah sholat ied dan bersukacita menyambut hari kemenangan setelah sebulan berpuasa menahan hawa nafsu, dahaga dan juga lapar.
Photo by Shivam Garg on Unsplash
Silaturahmi
Setelah sholat idul fitri menyambut hari kemenangan, hal yang biasanya sering dilakukan selanjutnya adalah bersilaturahmi. Berkunjung ke rumah sanak keluarga, kerabat terdekat ataupun rumah tetangga seraya menikmati hidangan makanan dan minuman yang telah disediakan. Suasana ini jarang sekali dirasakan ketika hari-hari biasa dan tentunya menjadi momen yang tepat dilakukan pada hari raya lebaran.
Photo by Hasan Almasi on Unsplash
Bermaaf-maafan
Di hari yang suci saatnya juga menyucikan hati dengan menghapus rasa dendam dan amarah dengan memafkan. Apapun caranya, baik itu  berjabat tangan, salim ataupun sungkeman. Poinnya adalah saling memaafkan atas tindakan di hari lalu baik disengaja ataupun tidak dengan ikhlas dan lapang dada. Makanya hari raya idul fitri ini menjadi momen yang pas, walaupun memaafkan bisa kapan aja ya!
Photo by Gus Moretta on Unsplash
Kira-kira dari tradisi lebaran di atas yang paling buat kamu kangen yang mana nih?

lifestyle blogger


EmoticonEmoticon